Tuesday 7 May 2013

Tips Memotret di Dalam Gua yang Gelap

assalamualaikum...




secara umum pencahayaan di gua masih termasuk gelap. maka dari itu, membutuhkan setting dan peralatan foto yang memadai. idealnya kita membutuhkan tripod supaya mendapatkan hasil yang memaksimal. tapi jika tripod tidak memungkinkan atau terlalu merepotkan, setting yang saya usulkan ialah menggunakan ISO yang agak tinggi untuk mencegah shutter speed terlalu lambat.

di gua sung saat ini, shutter speed 1/15 detik saya menggunakan untuk mencegah fhotoh menjadi blur akibat goyangan tangan saya. ISO ditingkatkan sesuai kondisi pencahayaan yang dibidik, kadang ISO 1600, kadang sampai ISO 4000. saya memberikan tugas kepada fungdi AUTO ISO mengatur ISO sehingga saya bisa konsentrsi untuk komposisi & framing fotonya.

bukaan saya set ke maksimall lensa yaitu f/4 ( kebetulan lensa saya memaksimulnya f/5.6 untuk ruang tajam yang lebih luas.

untuk komposisinya, usahakan membingkai fhoto dengan cukup ketat, sehiingga detailnya terlihat lebih jelas.coba orientasi vertikal dan horizontal. selain itu cari bentuk dan tekstur yang unik, misalnya mirip hewan, manusia atau benda yang familiar. jika guanya ramai dengan turis, hati**, jagan samapai turis** mendominasi ( terlihat besar ) dalam foto.



copy : detik.com

Tips Memotret di Dalam Gua yang Gelap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Amrul

0 komentar:

Post a Comment

makasih telah berkunjung agan...